ads

Friday, February 24, 2012

Manfaat telur dan khasiatnya

Telur merupakan suatu kapsul alami yang padat dengan gizi yang bermutu tinggi dan lengkap. Sebagai bahan makanan, telur juga memiliki reputasi yang sangat tinggi. Telur baik untuk bayi, anak balita, dewasa, orangtua, olahragawan, bahkan untuk pengantin baru.
Telur sudah digunakan oleh nenek moyang jauh sebelum kita mengenal apa itu makanan bayi modern. Mereka menggunakan kuning telur sebagai bahan makanan tambahan utama pertama untuk bayi. Makanan itu juga dikenal sebagai makanan sumber besi untuk anak di bawah satu tahun.
Telur juga lazim digunakan sebagai makanan pertama pasien selesai dioperasi. Ahli gizi di berbagai rumah sakit tidak pernah lupa memasukkan telur ke dalam menu diet pasien. Telur sangat membantu pasien agar cepat pulih dan kembali ke kondisi sehat serta mempertahankan kondisi itu.
Khasiat Telur
Masyarakat di beberapa daerah, misalnya di Sumatra Barat (Sumbar), juga menyadari bahwa telur mempunyai khasiat. Sebelum pergi ke sawah untuk bekerja, para petani di Sumbar sering meminum “kopi telur” atau “teh telur“. Minuman itu dipercaya dapat memulihkan tenaga yang loyo atau sebagai energi cadangan sebelum bekerja.
Teh telur atau kopi telur juga sering disajikan untuk pengantin baru. Minuman itu biasa disajikan di pagi hari atau pada sore hari sebagai pengganti minum teh. Proses, pembuatan minuman kopi telur atau teh telur itu seperti pembuatan milkshake.
Sebagai makanan suplemen atau minuman berkhasiat, telur juga digunakan dalam minuman telur madu atau susu telur madu (STM). Minuman telur madu hanya menggunakan kuning telur yang ditambah dengan satu sendok makan madu dan sering pula ditambah dengan sari jeruk nipis. Sementara itu, STM dibuat dari kuning dan putih telur yang dikocok sampai terbentuk emulsi, lalu ditambah susu panas dan madu. Jenis minuman ini sangat terkenal sebagai minuman penambah tenaga bagi pria. STM dapat diminum kapan saja, baik pagi hari maupun sore hari.
Jamu pemulih/penambah tenaga untuk laki-laki yang biasa dijajakan oleh penjual jamu gendong pun kurang pas kalau tidak ditambah dengan telur. Pada minuman ini, telur dikocok sampai terbentuk emulsi, lalu ditambah jamu dan sering pula ditambah dengan madu.
Telur juga dapat digunakan sebagai obat penurun panas dalam. Untuk minuman obat ini, telur yang sudah dikocok ditambahkan air kelapa muda. Air kelapa muda juga dapat diganti dengan air pelepah pisang dari jenis pisang kelat, yaitu pisang yang tidak diambil buahnya karena berbuah kecil dan pahit. Air pelepah disaring dan dikocok dengan telur, kemudian diminum.
Mitos Telur dan Keperkasaan
Sejak berabad-abad lampau hingga kini, telur memiliki mitos yang berkaitan dengan keperkasaan pria, yang tidak pernah luntur. Itulah sebabnya, tak heran ada menu-menu seperti telur madu, telur setengah matang, susu telur madu, dan telur mentah yang langsung ditelan karena adanya mitos itu. Sebagian besar pria sering lupa diri dalam mengonsumsi telur. Mereka beranggapan bahwa semakin banyak mengonsumsi telur, mereka akan menjadi semakin perkasa. Bahkan, seorang atlet nasional pernah diberitakan mengonsumsi telur sampai 10 butir setiap harinya.
Kehidupan seks manusia, baik wanita maupun pria, sangat tergantung pada ketersediaan zat gizi, olahraga, dan istirahat. Zat gizi protein dan lemak yang sangat bermutu tinggi dari telur sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi dan protein tubuh. Protein telur memang dapat diserap hampir 100% dan mempunyai asam amino esensial yang sangat lengkap yang tidak bisa disintesis oleh tubuh. Oleh sebab itu, telur dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan protein secara optimal. Hal itulah yang mungkin membuat masyarakat menduga bahwa telur dapat digunakan sebagai cadangan energi untuk tubuh.
Vitamin A, vitamin B kompleks, asam pantotenat, vitamin B1, niasin, asam folat, vitamin C, dan vitamin E diperlukan organ reproduksi agar berfungsi dengan baik. Mineral yang juga dibutuhkan oleh organ reproduksi adalah jenis mineral seng. Jadi, vitamin dan mineral memang sangat vital untuk organ dan hormon seks. Defisiensi jenis vitamin dan mineral ini akan mempercepat datangnya menopause bagi wanita (early menopause) dan :impoten bagi pria. Dalam telur, kandungan vitamin dan mineralnya memang cukup tinggi. Oleh karena itu, cukup beralasan jika telur dijadikan sebagai suplemen untuk menambah tenaga keperkasaan.
Gizi Lengkap Telur
Kandungan gizi dalam telur lengkap dan bermutu tinggi. Telur menjadi sumber yang kaya akan protein bermutu tinggi. Komponen asam amino penyusun protein telur merupakan asam amino esensial terlengkap dan tertinggi jumlahnya. Hal itu membuat ahli gizi menggunakan telur sebagai standar untuk mengukur mutu protein dari berbagai jenis makanan lain.
Badan organisasi kesehatan dunia (WHO) juga menggunakan telur sebagai pembanding untuk menentukan mutu protein makanan lain. Rata-rata kadar protein telur adalah antara 12-16% atau sekitar 7-8 gram protein dalam satu butir telur yang cukup besar.
Nilai cerna telur adalah 100%, artinya telur dapat dicerna dan diserap oleh usus secara keseluruhan. Untuk itu, telur sangat baik untuk makanan bayi, orang sakit, atau orang dalam masa penyembuhan.
Telur adalah sumber vitamin A dalam bentuk retinol yang langsung dapat diserap oleh usus dan dimanfaatkan tubuh. Kandungan vitamin A dalam telur mencapai 160 ug untuk telur utuh dan 450 ug untuk kuning telur. Tingginya kandungan vitamin A telur sangat baik untuk kesehatan mata, kesehatan kulit bagi orang dewasa, dan untuk pertumbuhan normal bagi bayi dan anak.
Selain vitamin A, telur juga kaya akan vitamin B, yaitu vitamin B2, niasin, tiamin, dan riboflavin. Vitamin lain yang kadarnya juga cukup tinggi dalam telur adalah vitamin E dan vitamin D. Umumnya, vitamin B terdapat dalam enzim atau koenzim yang berperan sangat besar dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak dalam tubuh. Sementara itu, vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk pemusnah radikal bebas serta untuk kesehatan dan peremajaan kulit.
Selain mineral makro, yaitu natrium, kalsium, dan magnesium yang tinggi, di dalam telur juga ada kandungan sejenis mineral mikro yang sangat penting, yaitu zat besi, seng, dan selenium. Telur merupakan sumber zat besi yang cukup baik. Kandungan besi telur adalah 1,04 mg pada telur utuh dan 0,95 mg pada kuning telur. Sementara itu, kandungan zat seng pada telur adalah sebesar 0,72 mg telur utuh dan 0,58 mg kuning telur.
Telur Ras dan Telur Buras
Telur dikenal sebagai bahan makanan yang tinggi kadar kolesterolnya. Pernyataan ini ada benar dan ada salahnya. Telur utuh mengandung kolesterol antara 300-400 mg per 100 gram-nya. Jadi, rata-rata kadar kolesterol satu butir telur (60 gram) adalah antara 180-240 mg. Bagi penderita hiperkolesterolemia, konsumsi kolesterol yang tinggi tentu saja kurang menguntungkan. Karena akan meningkatkan kadar kolesterol darah. Namun, bagi orang yang normal, mengonsumsi telur satu atau dua butir tidak menjadi masalah.
Kandungan gizi telur yang kulitnya berwarna cokelat lebih banyak. Pernyataan tersebut keliru. Warna kulit telur memang bervariasi, yaitu antara warna putih, kuning muda, sampai cokelat tua. Perbedaan warna itu disebabkan oleh sifat genetik dari induk atau galur ayam. Oleh sebab itu, warna kulit telur tidak ada hubungannya dengan nilai gizi atau mutu telur. Di Indonesia, telur ayam ras dengan warna cokelat mempunyai harga yang lebih tinggi karena digemari.
Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa nilai gizi telur ayam buras (bukan ras) lebih tinggi. Hal itu dikaitkan dengan anggapan bahwa telur yang dibuahi mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi. Hal itu tidak benar. Telur, baik yang dibuahi atau tidak, mempunyai nilai gizi relatif sama sebagai telur konsumsi. Perbedaannya adalah telur yang dibuahi mempunyai daya simpan yang relatif lebih pendek.
Warna kuning telur sebagian besar disebabkan oleh pigmen yang disebut ayptoxanthin sejenis xanthophyl. Jenis pigmen ini tidak mempunyai nilai gizi, tetapi berfungsi sebagai antioksidan. Vitamin A dan vitamin E juga berwarna kuning. Ransum ayam yang banyak beredar sekarang ini ditambahi dengan sejumlah vitamin A dan D serta xanthophyl agar kuning telur berwarna kuning indah.
Jika Anda mengonsumsi telur mentah, hal itu boleh-boleh saja, asalkan yang dikonsumsi hanya kuning telurnya saja, tidak putihnya. Kuning telur mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi, sedangkan putih telur mengandung zat antinutrisi yang disebut avidin. Zat Avidin ini dapat mengikat biotin sehingga vitamin yang penting ini tidak tersedia bagi tubuh. Secara alami, kuning telur telah terpisah dengan putihnya sehingga mudah untuk memilah antara keduanya. Kalau telur sudah dipanaskan (direbus atau digoreng), zat antinutrisinya sudah tidak aktif lagi sehingga aman dikonsumsi.
Kandungan Zat Gizi Telur (per 100 gram)
Komponen Zat GiziTelur UtuhKuning TelurPutih Telur
Gizi makro:
Air (%)75,453,987,4
Protein (%)12,715,611,2
Lemak (%)10,128,20,0
Karbohidrat (%)---
Vitamin:
Vitamin A (ug)1604500.0
Vitamin B1 (mg)0,070,190,0
Niasin (mg)2,12,60,0
Asam folat (mg)32265
Vitamin B12 (mg)0,410,400,31
Vitamin E (ug)0,570,510,0
Mineral:
Natrium (mg)13358175
Kalsium (mg)391005
Kalium (mg)144104112
Besi (mg)1,64,00,2
Seng (mg)0,92,50,0
Selenium (ug)1,682,960,0
Zat lain:
Kolesterol (mg)37510500.0
Biotin (mg)1192
Teh Telur Sumbar
Bahan :
1 butir telur
1 sdm gula pasir
1 gelas air teh manis/ kopi panas
Cara Membuat
1. Tambahkan telur dan gula sampai terbentuk emulsi.
2. Tambahkan air teh/kopi panas, aduk hingga kental.
Catatan :
Warna kulit telur tidak ada hubungannya dengan nilai gizi atau mutu telur

No comments:

Post a Comment